Sabtu, 09 Oktober 2010

Perkembangan Telematika di indonesia saat ini

                    Pembangunan industri telematika (telekomunikasi dan informatika) di Indonesia mengalami peningkatan dari tingkat konsumsi users tiap harinya. Penggunaan  komputasi (komputer) semakin meningkat, tetapi masih lebih rendah dibanding (investasi) telepon selular (ponsel) yang hamper tiap jam meningkat. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia juga sangat jelas dibutuhkan mengingat kondisi geografis, yaitu lebih dari 17 ribu pulau. Sehingga dari kondisi tersebut, alat komunikasi dan informasi lebih dibutuhkan dibanding di negara dengan kondisi geografis daratan. "Kepulauan Indonesia scattered (berpencar, tersebar) dan ukurannyajuga besar. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk telekomunikasi, media dan informatika (Telematika) secara global akan membawa dampak pada perubahan pola pikir dan cara pandang masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan yang berorientasi pada aspek kemudahan dan kecepatan dalam pertukaran akses informasi.merupakan peluang yang harus dimanfaatkan secara optimal sebagi modal dasar untuk mempersatukan bangsa dan pemberdayaan masyarakat menuju suksesnya pembangunan nasional.


 Pemanfaatan Telematika di Bidang Pendidikan dan Sosial

Pemanfaatan telematika :

1. Perpustakaan elektronik :
Untuk membantu menguruskan arsip-arsip sehingga lebih terkonsep dan lebih memudahkan dalam mencari.

2. Surat Elektronik (email)
            Siapapun dapat dengan mudah berhubungan dalam kegiatan sekolah,pekerjaan,kuliah, yang menghadapi kesulitan dapat langsung bertanya melalui email.

3. Ensiklopedia
 data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.

4. Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis ( digital )
Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi. Dengan menggunakna digital melalui internet.

5. Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia.

6. Pengelolaan Sistem Informasi
Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu sistem.

7. Video Teleconference,Facebook
Keberadaan teknologi ini memungkinkan manusia dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.

9. Yahoo, Gogle
            dapat memudahkan/membatu mencari informasi tentang apapun semua dapat langsung dicari melalui google.

Dampak Dari Penggunaan Telematika
                Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih efisien dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak yang akan muncul penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu :
1. Penghematan transportasi dan bahan bakar.
2. Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi



                Dari segala aspek perkembangan telematika mempunyai nilai posotif dan negatif yang berdambak bagi diri sendiri ataupun orang banyak, agar tidak adanya penyalagunaan telematika maka dibentuk lah UU ITE yang dapat mengatur batasan-batasan penggunaan telematika sehingga tidak akan menimbulkan kerugian baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain/pihak tertentu/pihak terkait.

0 komentar:

Posting Komentar